Jumat, 26 November 2010

Sejarah DirectX microsoft pada VGA cekidot

Pada akhir tahun 1994 Microsoft akan melepaskan sistem operasi berikutnya, Windows 95. Faktor utama yang menentukan nilai konsumen akan tergantung pada sistem operasi baru yang mereka buat, sangat banyak bertumpu pada program-program apa yang akan mampu berjalan di sistem operasi tersebut. Tiga karyawan Microsoft – Craig Eisler, Alex St Yohanes, dan Eric Engstrom – prihatin karena programmer cenderung melihat Microsoft sistem operasi sebelumnya, MS-DOS, sebagai platform yang lebih baik untuk permainan pemrograman, artinya akan sedikit permainan yang dikembangkan untuk Windows 95 dan system operasi ini tidak akan terlalu sukses.

DOS memungkinkan akses langsung ke kartu video, keyboard dan mouse, perangkat suara, dan semua bagian lain dari sistem. Tetapi Windows 95, dengan model memori yang dilindungi, akan terbatas akses ke semua perangkat, bekerja pada standar yang jauh lebih kompleks. Microsoft membutuhkan cara yang akan membiarkan programmer mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mereka membutuhkannya dengan cepat; sistem operasi tersebut hanya tinggal beberapa bulan lagi untuk dilepas ke pasar. Eisler (pemimpin pengembangan), St John, dan Engstrom (manajer program) bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini, dengan solusi yang akhirnya mereka beri nama DirectX.

Versi pertama DirectX dirilis pada bulan September 1995 sebagai Windows Games SDK. Itu adalah pengganti Win32 DCI dan WinG API untuk Windows 3.1. Secara sederhana, DirectX memungkinkan semua versi Microsoft Windows, mulai dengan Windows 95, untuk menggabungkan performa multimedia yang tinggi. Eisler menulis tentang hiruk-pikuk untuk membangun DirectX 1 sampai 5 di blog-nya.

DirectX 2.0 menjadi komponen Windows sendiri dengan rilisnya Windows 95 OSR2 dan Windows NT 4.0 pada pertengahan 1996. Seperti Windows 95 sendiri masih baru dan masih sedikitnya permainan yang dikeluarkan untuk itu, Microsoft terlibat dalam promosi berat DirectX untuk pengembang yang umumnya percaya pada kemampuan Microsoft untuk membangun sebuah gaming platform di Windows. Alex St John, bekerja sebagai seorang “penginjil” untuk DirectX, diadakan acara pada 1996 yaitu Computer Game Developers Conference yang pengembang permainan ,Jay Barnson, digambarkan sebagai tema Romawi, termasuk real lions, togas, dan sesuatu yang menyerupai karnaval indoor. Pada acara ini, Microsoft pertama kali memperkenalkan Direct3D dan DirectPlay, dan menunjukkan multi-player MechWarrior 2 yang sedang dimainkan melalui Internet.

Tim DirectX menghadapi tugas yang menantang untuk menguji setiap DirectX yang rilis terhadap sebuah array dari hardware dan software. Berbagai macam kartu grafis, kartu audio, motherboard, CPU, perangkat input, permainan, dan aplikasi multimedia lainnya diuji dengan seri beta dan rilis final. Tim DirectX juga dibangun dan mendistribusikan tes yang memungkinkan industri perangkat keras untuk memastikan bahwa desain hardware baru dan driver yang baru dirilis akan kompatibel dengan DirectX.

MS-DOS, sebagai platform yang lebih baik untuk permainan pemrograman, artinya akan sedikit permainan yang dikembangkan untuk Windows 95 dan system operasi ini tidak akan terlalu sukses.

DOS memungkinkan akses langsung ke kartu video, keyboard dan mouse, perangkat suara, dan semua bagian lain dari sistem. Tetapi Windows 95, dengan model memori yang dilindungi, akan terbatas akses ke semua perangkat, bekerja pada standar yang jauh lebih kompleks. Microsoft membutuhkan cara yang akan membiarkan programmer mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mereka membutuhkannya dengan cepat; sistem operasi tersebut hanya tinggal beberapa bulan lagi untuk dilepas ke pasar. Eisler (pemimpin pengembangan), St John, dan Engstrom (manajer program) bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini, dengan solusi yang akhirnya mereka beri nama DirectX.

Versi pertama DirectX dirilis pada bulan September 1995 sebagai Windows Games SDK. Itu adalah pengganti Win32 DCI dan WinG API untuk Windows 3.1. Secara sederhana, DirectX memungkinkan semua versi Microsoft Windows, mulai dengan Windows 95, untuk menggabungkan performa multimedia yang tinggi. Eisler menulis tentang hiruk-pikuk untuk membangun DirectX 1 sampai 5 di blog-nya.

DirectX 2.0 menjadi komponen Windows sendiri dengan rilisnya Windows 95 OSR2 dan Windows NT 4.0 pada pertengahan 1996. Seperti Windows 95 sendiri masih baru dan masih sedikitnya permainan yang dikeluarkan untuk itu, Microsoft terlibat dalam promosi berat DirectX untuk pengembang yang umumnya percaya pada kemampuan Microsoft untuk membangun sebuah gaming platform di Windows. Alex St John, bekerja sebagai seorang “penginjil” untuk DirectX, diadakan acara pada 1996 yaitu Computer Game Developers Conference yang pengembang permainan ,Jay Barnson, digambarkan sebagai tema Romawi, termasuk real lions, togas, dan sesuatu yang menyerupai karnaval indoor. Pada acara ini, Microsoft pertama kali memperkenalkan Direct3D dan DirectPlay, dan menunjukkan multi-player MechWarrior 2 yang sedang dimainkan melalui Internet.

Tim DirectX menghadapi tugas yang menantang untuk menguji setiap DirectX yang rilis terhadap sebuah array dari hardware dan software. Berbagai macam kartu grafis, kartu audio, motherboard, CPU, perangkat input, permainan, dan aplikasi multimedia lainnya diuji dengan seri beta dan rilis final. Tim DirectX juga dibangun dan mendistribusikan tes yang memungkinkan industri perangkat keras untuk memastikan bahwa desain hardware baru dan driver yang baru dirilis akan kompatibel dengan DirectX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar