Rabu, 01 Desember 2010

Tugas Softskill Manajemen Umum

Tugas kedua

Mohamad Iqbal
34110479
1DB20

Soal  :
1. Sebutkan alasan utama diperlukannya manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan ?
2. Sebutkan definisi manajemen menurut James A.F. Stoner dan Mary Farker Follet?
3. Sebutkan tingkatan manajemen dan beri contoh !
4. Jelaskan fungsi-fungsi manajemen !
5. Sebutkan peran-peran manajer dalam manajemen sebagai “ Pengambil keputusan “?
6. Berdasarkan sejarah perkembangan teori manajemen, sebutkan aliran pemikiran atau mahzab manajemen ?
7. Sebutkan unsur-unsur lingkungan ekternal makro yang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap organisasi atau perusahaan?
8. Sebutkan fungsi dari tujuan organisasi !
9. Sebutkan faktor yang mempengaruhi keputusan pada masalah kode etik !
10. Jelaskan cara lingkungan ekternal makro mempengaruhi suatu organisasi!

Jawab

1. Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai
tujuan organisasi dan pribadi. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling
bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan

2. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang
ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya.
Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang
lain dibutuhkan keterampilan khusus.

3.         Manajemen lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabri, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
            Manajemen menengah (midle manager) yaitu mencakup lebih dari suatu tingkatan di dlam organisasi. manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi.contohnya kepala bagian yang membawahi kepala seksi kepala devisi lain sebagainya.
Manajemen puncak (top manager)
terdiri ats kelompok yang relatif keci, yang bertanggung jawab atas manajemen kesluruhan dari organisasi. mereka menetapkn kebijakan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya.sebutan yang khas untuk manajemen puncak ini adalah chief executive officer (direktur utama), presiden dan senior vicepresident.

4.         Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
5. Peranan manajer dalam suatu organisasi itu sangatlah penting karena keberadaan manajer yaitu menjadi palang pintu atau menjadi salah satu ujung tombak dari keberhasilan dalam berorganisasi. Salah satu tugas atau peran majaner yaitu harus bisa mengelola konflik dalam organisasi yang dipimpinnya sehingga setiap konflik itu bisa diselesaikan dengan baik dan tidak ada yang merasa dirugikan.
6.         Aliran klasik
Aliran neoklasik (hubungan manusiawi)
Aliran manajemen modern
7.         Mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro
Unsur lingkungan makro menciptakan iklim dimana organisasi ada dan harus
memberikan tanggapan.
8. Sumber motivasi, karena sering memberikan insentif bagi para anggota.
dasar rasional pengorganisasian, karena antara tujuan dan struktur organisasi saling berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.
9. - Hukum
- Peraturan-peraturan pemerintah
- Kode etik Industri dan Pemerintahan
- Tekanan-tekanan Sosial
- Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi
10. Dari kekekuatan-kekuatan di luar tersebut mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau secara tidak langsung.
Unsur lingkungan makro menciptak satu iklim misalnya teknologi tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar